Scroll to Top
Uncategorized

Selain TPU, Selly-Manan akan Bangun Kebun Binatang di Kota Mataram

By / Published on Thursday, 13 Aug 2020 02:59 AM / No Comments / 85 views
Bakal Calon Walikota Mataram Hj Putu Selly Andayani memberi makanan aneka jenis burung dirumahnya , di Jalan Panji Masyarakat , Kota Mataram .

MATARAM–Selain penyediaan TPU yang memadai, Selly-Manan juga akan berupaya mewujudkan impian generasi muda Kota Mataram akan hadirnya kebun binatang.
                
Menurut Selly, kebun binatang bisa jadi ada penanda sebuah kota yang maju. Kota-kota utama di Indonesia telah memilikinya. Bahkan, provinsi terdekat seperti Bali, memiliki dua kebun binatang dengan nama yang kesohor.
                 
“Kami menyiapkan kebun binatang ini sebagai pusat edukasi untuk generasi muda,” kata Selly. Akan menjadi tempat penangkaran hewan-hewan langka. Hewan-hewan endemik dari Bumi Gora.

Selly mengatakan, banyak sekali anak-anak dan generasi muda Kota Mataram yang hanya tahu dan melihat aneka binatang cuma dari gambar atau tayangan televisi semata. Dia tak ingin tak ingin generasi milenial Mataram seperti itu.

“Anak-anak Kota Mataram layak mendapatkan lebih dari itu. Mendapatkan pengalaman yang jauh lebih berharga dalam hidupnya,” kata Selly

Dia mencontohkan, gambar rusa sebagai lambang Provinsi NTB bisa jadi tidak semua generasi muda NTB pernah dan melihat langsung rusa tersebut.

“Jangan sampai rusa-rusa itu hanya ada tertempel di baju-baju dinas saja,” katanya.

Pun misalnya musang yang merupakan binatang endemik dari Gunung Rinjani. Tak banyak generasi muda NTB yang tahu hal tersebut, dan pernah melihatnya secara langsung. Padahal, musang endemik dengan nama latin Paradok Saurus Rinjanikus tersebut hanya ada di NTB.
                
Rencananya, kebun binatang Kota Mataram itu disiapkan berlokasi di lahan eks Bandara Selaparang di utara Kota Mataram.

Kelak, jika hal tersebut mewujud, kebun binatang ini tak akan cuma menjadi pusat edukasi bagi warga Kota Mataram, namun juga bagi seluruh warga Bumi Gora.
 
Selain sebagai pusat edukasi bagi generasi muda Kota Mataram, kebun binatang tersebut juga pastilah akan menjadi pusat rekreasi. Hal yang tentu dibutuhkan oleh masyarakat Kota Mataram.

Di sisi lain, paparnya, keberadaan kebun binatang ini akan menjadi ruang terbuka hijau.

“Sehingga akan menjadi salah satu paru-paru Kota Mataram. Yang akan memasok udara segar yang akan meningkatkan kualitas hidup warga Kota Mataram,” tukasnya.

Bagi Selly, memang mesti ada pembenahan terhadap tata ruang kota. Mataram haruslah memiliki taman ikonik. Taman yang akan menjadi ruang publik, tempat bertemunya warga.

Selly mengatakan, di sejumlah Kota di Indonesia ketersediaan taman dan ruang terbuka hijau menjadi hal yang sangat sulit diwujudkan. Namun, dia tak ingin hal tersebut terjadi di Mataram. Sebab, dari tamanlah, warga kota Mataram memulihkan pancaindera.

“Taman dan RTH ini menjadi wahana yang bisa menjadi tempat rekreasi, olahraga, dan menyegarkan atmosfir kehidupan bagi warga Kota Mataram,” katanya.(ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *